Ibukota Indonesia – PaDi UMKM, solusi digital yang tersebut dikembangkan PT Telkom sejak 2020 komitmen untuk terus mengupayakan pertumbuhan kegiatan bisnis usaha mikro kecil juga menengah (UMKM) ke tanah air.
EVP Digital Business & Technology Telkom, Komang Budi Aryasa mengungkapkan PaDi UMKM mempertemukan UKM sebagai penjual juga perusahaan swasta juga BUMN sebagai pembeli.
"Marketplace B2B PaDi UMKM sudah pernah berhasil membuka akses lingkungan ekonomi terhadap seluruh UKM yang ada di Nusantara untuk terlibat dengan segera pada pengadaan barang juga jasa," kata beliau di keterangannya pada Jakarta, Kamis.
Selain itu, PaDi UMKM juga berhasil mengakomodasi pengadaan-pengadaan dalam BUMN juga memberi kemudahan pada mengkurasi vendor penyedia barang kemudian jasa yang mereka butuhkan.
Marketplace B2B PaDi UMKM menghadirkan keterbukaan informasi lalu persaingan fit pada antara penjual sebagai calon vendor. Korporasi swasta dan juga BUMN juga bisa saja leluasa mencari hasil kemudian jasa sesuai dengan spesifikasi kebutuhan, diantaranya anggaran serta kuantitasnya.
"PaDi UMKM terus melakukan pembaharuan untuk terus berubah menjadi marketplace B2B terbaik bagi UKM sebagai penjual dan juga BUMN atau perusahaan swasta sebagai pembeli," ujarnya.
Selain digitalisasi, tambahnya, PaDi juga memberikan edukasi kemudian pendampingan terhadap UKM untuk mengoptimalkan peluang mereka itu agar naik kelas.
Berbagai kegiatan direalisasikan sebagai bentuk dukungan dengan segera di ketercapaiannya, antara lain Business Matching lalu Bazaar UMKM Tanah Air yang mana mempertemukan UKM kemudian perusahaan swasta atau BUMN secara segera dan juga inisiatif edukasi bagi UKM seperti PaDi Talks juga PaDi Academy.
Terkait dukungan terhadap usaha mikro, kecil lalu menengah yang disebutkan menurut Komang, PaDi UMKM pada 2023 meraih penghargaan SME Enabler Through Digital of the Year pada Marketeers Editor Choice Award (MECA).
MECA adalah penghargaan tahunan yang digunakan diberikan oleh majelis editor marketeers untuk beragam brand yang tersebut berhasil melakukan terobosan kreatif lalu inovatif pada pemasaran.
PaDi UMKM berhasil secara signifikan meningkatkan jumlah total proses ke pada wadah berjumlah 3.610 persen sejak 2020 sampai pada waktu ini. Begitu pula dengan perusahaan swasta juga BUMN sebagai pembeli yang tersebut naik ekstrem lebih tinggi dari 4.000 persen.
"Penghargaan yang tersebut kami terima berubah menjadi motivasi agar PaDi UMKM terus melakukan pembaharuan kedepannya," ujar direktur utama of PaDi UMKM Jimmy Karisma Ramadhan.
Artikel ini disadur dari PaDi UMKM komitmen terus dukung pertumbuhan bisnis UMKM