KAI lalu Kemenhub operasikan KA PSO beraneka rute di dalam Jawa-Sumatera

KAI setelah itu Kemenhub operasikan KA PSO beraneka rute ke di Jawa-Sumatera

Ibukota – PT Kereta Api Tanah Air bersatu Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengoperasikan layanan kereta api public service obligation (PSO) beragam rute di dalam Pulau Jawa kemudian Sumatera.

Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesi (KAI) Anne Purba mengungkapkan bahwa KAI terus berazam menghadirkan layanan transportasi yang dimaksud terjangkau kemudian berkualitas bagi masyarakat, salah satunya melalui berubah-ubah layanan kereta api PSO.

"Sebagai bentuk pelayanan umum yang mana sejalan dengan Astacita, KAI dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub kekal menyediakan beberapa jumlah kereta api PSO jarak berjauhan dengan tarif yang tersebut terjangkau di dalam beraneka rute ke Jawa serta Sumatera," kata Anne pada keterangannya ke Jakarta, Selasa.

Dia menyatakan sepanjang tahun 2024, total pelanggan kereta api PSO mencapai 16.492.750 penumpang. Sementara selama Januari 2025, jumlah total pelanggan kereta api PSO tercatat berjumlah 1.469.309 penumpang, mengalami kenaikan 11,49 persen dibandingkan periode Januari tahun 2024 banyak 1.317.833 penumpang.

"Angka yang dimaksud menunjukkan tingginya minat rakyat pada layanan kereta dunia usaha bersubsidi yang masih memberikan kenyamanan juga keamanan di perjalanan," ujarnya.

Anne mengungkapkan bahwa layanan kereta api PSO merupakan bagian dari upaya PT KAI pada menyokong perekonomian rakyat dengan menyediakan transportasi yang aman, nyaman, kemudian ekonomis.

Kereta api dunia usaha bersubsidi itu memberikan akses mobilitas yang digunakan tambahan luas bagi masyarakat, khususnya mereka yang dimaksud membutuhkan moda transportasi efisien juga hemat biaya.

"KAI terus berazam untuk meningkatkan layanan agar rakyat dapat menikmati perjalanan yang digunakan berkualitas,” tutur Anne.

Dia menambahkan bahwa KAI kemudian DJKA Kemenhub mengoperasikan beberapa kereta api PSO jarak jarak jauh dengan tarif yang digunakan sangat terjangkau ke beragam rute, antara lain KA Kahuripan (Blitar–Kiaracondong pergi-pulang/PP), KA Bengawan (Purwosari–Pasar Senen PP), KA Sri Tanjung (Lempuyangan–Ketapang PP), KA Airlangga (Surabaya Pasar Turi–Pasar Senen PP), lalu KA Serayu (Purwokerto–Kroya–Pasar Senen PP).

Selain itu, KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo–Kiaracondong PP), KA Tawang Alun (Ketapang–Bangil–Malang Pusat Kota Lama PP), KA Bukit Serelo (Kertapati–Lubuklinggau PP), KA Ekspres Rajabasa (Kertapati–Tanjungkarang PP), KA Putri Deli (Tanjungbalai–Medan PP), KA Probowangi (Ketapang–Probolinggo–Surabaya Gubeng PP), KA Kuala Stabas (Baturaja–Tanjungkarang PP), lalu KA Cikuray (Garut–Pasar Senen PP).

Dengan adanya kereta api PSO, tambah Anne, masyarakat dari bermacam lapisan ekonomi dapat menikmati layanan transportasi yang mana andal serta nyaman. Tidak hanya saja itu, keberadaan kereta api PSO juga menyokong pertumbuhan ekonomi di dalam daerah-daerah yang digunakan dilaluinya juga membuka potensi bidang usaha bagi rakyat sekitar.

Selain itu, kereta api PSO juga memberikan dampak sosial yang positif bagi warga luas. Dengan tarif yang mana lebih lanjut murah, kalangan pelajar, pekerja, kemudian pelaku bisnis kecil dapat bepergian dengan lebih banyak hemat sehingga dapat mengalokasikan anggaran merek untuk keperluan lain.

"Ketersediaan kereta kegiatan ekonomi yang tersebut berkualitas juga berubah menjadi bagian dari upaya pemerintah di memacu penyelenggaraan transportasi massal yang dimaksud tambahan ramah lingkungan," kata Anne.

Sebagai wujud komitmen untuk keberlanjutan kemudian inklusifitas, PT KAI akan terus berinovasi di memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

KAI juga akan menjamin bahwa setiap perjalanan kereta api tak semata-mata mengutamakan aspek keselamatan lalu kenyamanan, tetapi juga berkontribusi terhadap pengerjaan sektor ekonomi yang dimaksud lebih besar merata.

Dengan semangat Astacita, KAI berupaya menjadikan layanan transportasi yang mana lebih lanjut inklusif, berdaya saing, serta berorientasi pada kepentingan penduduk luas.

"Melalui kereta api PSO, KAI tidak ada semata-mata menyediakan layanan transportasi yang dimaksud terjangkau, tetapi juga menggalang peningkatan dunia usaha kerakyatan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup komunitas Indonesia," kata Anne.

Artikel ini disadur dari KAI dan Kemenhub operasikan KA PSO berbagai rute di Jawa-Sumatera