JAKARTA – Sudah menyalip perdagangan Mercedes Benz di tempat lingkungan ekonomi mobil mewah pada Indonesia, BMW Indonesia ternyata justru bukan berhenti berinovasi. Yakni, menjamin konsumen mendapatkan pengalaman premium di hal purnajual.
Terbaru, BMW Indonesia berkolaborasi dengan BMW Ultima meresmikan Body & Paint Training Center pertama di dalam Asia Tenggara. Mereka juga memperluas jaringan Body & Paint resmi di area 2025, juga merilis layanan BMW Remote Diagnosis (RITA).
Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW Group Indonesia juga akan memperluas jaringan Body and Paint Center dalam seluruh Indonesia. Dimulai dari BMW Ultima sebagai pusat perbaikan Body and Paint pertama lalu terbesar di area Indonesia, sekarang BMW hadir lebih lanjut dekat dengan pelanggan pada DKI Jakarta Timur (Pulo Gadung), Surabaya, kemudian Medan.
“Ini bukanlah sekadar bengkel—melainkan tempat dalam mana kami menghidupkan kembali kendaraan BMW serta MINI dengan ketelitian juga perhatian yang dimaksud serupa seperti pada waktu pertama kali dirakit,” kata Peter.
BMW Ultima: Pionir Layanan Purna Jual Premium
.jpg)
BMW Ultima diresmikan pada Maret 2022 sebagai infrastruktur perbaikan dan juga pengecatan BMW dan juga MINI dengan standar tertinggi dalam Indonesia. BMW Ultima menggunakan teknisi tersertifikasi, peralatan diagnostik terbaru, juga suku cadang asli BMW lalu MINI, dengan akreditasi secara langsung dari BMW AG, Munich.
Pada 2023, BMW Ultima memperluas layanannya sebagai BMW Classic Partner—yang pertama di area Asia serta salah satu dari belaka 118 dalam dunia. Status ini menegaskan komitmen BMW Ultima pada memberikan layanan restorasi juga servis premium untuk kendaraan klasik BMW, dengan pengaplikasian BMW Original Parts.
BMW Ultima meluncurkan inisiatif BMW Assurance pada Juni 2024, bekerja identik dengan mitra asuransi untuk memberi perbaikan dan juga pengecatan berkualitas tinggi bagi pelanggan BMW kemudian MINI.
Selain BMW serta MINI, BMW Ultima juga melayani merek kendaraan premium lainnya. Lokasinya ada di dalam Jl. Ciater Raya No.28A, Serpong, Tangerang Selatan, BMW Ultima dapat menangani hingga 20 kendaraan sekaligus.
BMW Group Training Center

Seiring dengan perluasan jaringan Body and Paint Center, BMW Group Indonesia juga menyiapkan tenaga kerja spesialis untuk mempertahankan standar tinggi BMW. Untuk itu, BMW Group Training Center pertama di dalam Asia Tenggara diresmikan, hasil kolaborasi dengan BMW Ultima.
“Pusat pelatihan ini menegaskan komitmen kami untuk mengembangkan sumber daya lokal juga meyakinkan bahwa setiap teknisi yang menangani kendaraan BMW atau MINI sudah menerima pelatihan berstandar internasional,” jelas Peter.
Rudy Kusmanto, Managing Director BMW Ultima, menambahkan bhawa BMW Ultima menjadi satu-satunya Approved Body & Paint Center dalam Indonesia. “BMW Group Training Center juga pertama pada Asia Tenggara lalu berlokasi di tempat Indonesia,” ungkapnya.
“Pusat pelatihan ini berfokus pada pembelajaran segera (hands-on), menggunakan peralatan serta perlengkapan yang mirip seperti yang digunakan di area pusat layanan resmi BMW,” kata Rudy.
BMW Remote Diagnosis Service (RITA): Teknisi BMW pada Ujung Jari
Mahalingam Maganderalingam, Director of Customer Support BMW Group Indonesia, menjelaskan acara Ramadan BMW serta terobosan baru dalam bidang purna jual, yaitu BMW Remote Diagnosis Service (RITA).
RITA adalah layanan yang memungkinkan teknisi BMW terhubung dengan segera ke kendaraan Anda dari jarak berjauhan untuk mengakses data diagnostik secara instan.
“Ketika lampu peringatan tegas menyala atau terdengar pendapat yang mana tidaklah biasa, RITA memungkinkan teknisi kami untuk terhubung secara langsung ke kendaraan Anda dari jarak terpencil dan juga mengakses data diagnostik secara instan—tanpa perlu kunjungan awal ke bengkel,” jelas Mahalingam.
Baca Juga: Joy of Ramadan Gathering with BMW: Relax, We Care
Kemampuan RITA:
– Membaca instruksi Check Control dan juga melakukan pemesanan suku cadang apabila diperlukan.
– Menemukan faktor hambatan pada kendaraan tanpa harus dibawa ke bengkel.
– Melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu dari jarak jauh.
– Memberikan panduan segera apakah kendaraan aman untuk terus dikendarai.
– Menjadwalkan janji servis berdasarkan data aktualkendaraan.